Jumat, 15 Februari 2013

Cara Membuat Password Reseter di Windows 7

Membuat user dan mengaplikasikan fitur user control dan fungsi parental memang sangat direkomendasikan, terutama bagi Anda yang mempunyai komputer dengan pengguna lebih dari 2 orang. Dengan menggunakan fitur ini Anda dapat dengan mudah menonaktifkan program-program tertentu dan menyembunyikan data pribadi Anda dari pengguna lain. Tetapi apa yang Anda lakukan jika tiba-tiba lupa password user Anda sendiri? Bingung dan kesal sudah pasti rebutan tempat di kepala, tapi jangan khawatir karena ada satu trik agar Anda tetap merasa aman ketika lupa dengan password komputer Anda, caranya dengan membuat password reseter dengan memanfaatkan media USB flash disk.
Membuat password reset Windows 7
Fitur pembuatan password resetter sebenarnya memang sudah disiapkan oleh Microsoft, tetapi tidak banyak yang mengetahui cara menggunakannya. Di kesempatan kali ini saya akan memberikan panduan praktis membuat password resetter di komputer Windows 7.
  • Pertama-tama klik tombol Start dan ketikkan kata kunci reset di kotak pencarian, tunggu beberapa saat sampai muncul secara otomatis beberapa link menu, temukan menu Create a password reset disk dan klik. Ohya, sebelumnya pastikan bahwa media USB flash disk anda telah tersambung ke komputer dengan baik.
Create password reset disk
  • Setelah anda klik menu tersebut, Anda akan melihat jendela baru Wizard untuk membuat reseter, klik saja Next untuk melanjutkan.
Proses reset password Windows 7
  • Pada langkah selanjutnya akan muncul pilihan disk, biarkan saja seperti yang terlihat di dalam jendela tersebut, klik saja Next.
Drive di mana anda bisa membuat password reset
  • Anda masih akan melihat kotak yang sama namun dengan tampilan yang berbeda, kali ini Anda diminta untuk mengisi password user yang saat ini Anda pakai, jika tidak ada password biarkan saja kosong kemudian klik Next untuk memproses pembuatan password reseter. Tunggu hingga proses ini selesai, komputer akan memberitahukan kepada Anda saat pembuatan reseter telah berhasil dilakukan dengan sempurna.
User Account Password
  • Setelah proses pembuatan reseter selesai, Anda bisa simpan flash disk Anda dan pastikan bahwa flash disk tersebut tidak akan hilang atau terformat ulang karena file recovery yang baru saja dibuat akan hilang dan Anda tidak akan dapat menggunakan flash disk tersebut sebagai media reseter.

Cara Melakukan Reset Password

Jika suatu saat Anda benar-benar lupa dengan password user Anda, maka yang perlu Anda lakukan:
  • Sambungkan media USB flash disk kemudian hidupkan komputer seperti biasa.
  • Pada saat ikon user muncul, klik link Reset Password, jika link tidak muncul cobalah untuk memasukan sembarang pasword.
  • Kemudian klik tombol Next pada saat jendela wizard muncul, pilih USB disk reset password pada pilihan yang Anda dan klik Next
  • Terakhir, masukkan password dan hint baru untuk user komputer Anda. Selesai!
Step by step melakukan reset password
Ada beberapa catatan yang perlu diketahui mengenai trik ini, yang pertama Anda hanya dapat menggunakan media reseter yang sudah  tersimpan di flash disk untuk komputer yang sama. Kedua, flash disk tersebut dapat Anda pergunakan berkali-kali selama data di dalam flash disk tidak hilang dan masih di komputer yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar