Kamis, 14 Februari 2013

Tips Mengatasi Masalah Resolusi Layar Netbook di Windows 8

Hal ini tentu sangat dirasakan bagi sobat yang begitu penasaran dengan sistem operasi windows 8 dan ingin mencobanya meski belum cukup paham apakah sistem ini bekerja sesuai harapan atau engga. Rata-rata masalah ini cukup banyak di perbincangkan dan masalah ini paling terasa bagi sobat yang mencoba menginstal windows 8 di Netbooknya. Masalah apakah itu? Mari kita simak!
Windows 8 merupakan nama dari versi terbaru Microsoft Windows, dimana ciri khas tampilannya yakni dalam bentuk Start Screen/ Metro UI yang membedakannya dengan versi lama. (Lihat Gambar)

Salah satu alasan inilah yang mungkin membuat kita cukup penasaran untuk mencoba menggunakannya. Nah saya juga punya pengalaman akan hal ini, lebih tepatnya pada Netbook teman yang telah saya instalkan windows 8. Semua proses instal berjalan baik, akan tetapi masalah pun baik juga datangnya hehehe. Istilah yang saya pakai mungkin problem error.
Masalah itu ada pada resolusi layar di Netbook. Tampilan Metro UI jadi agak berantakan karena resolusinya cuma 800 x 480 setelah di instal. Sebenarnya bisa saja di naikin resolusinya ke 1024 x 600 akan tetapi ini bukan standar resolusi yang disarankan untuk mengoperasikan windows 8 menjadi optimal melainkan standar resolusinya 1024 x 768. Untuk mengeceknya tinggal klik kanan di desktop lalu pilih Screen Resolution.
Untuk mengatasi problem error tersebut beberapa cara akan saya share berdasarkan pengalaman saya:
Ubah settingan di registry. Caranya tekan tombol Start + R lalu ketik regedit. (Lihat Gambar)
Setelah itu akan muncul jendela Registry Editor lalu tekan Ctrl + F (Lihat Gambar)

Input registry Display1_DownScalingSupported ini kedalam Find what: lalu tekan Find Next maka proses untuk pencarian otomatis dilakukan. Jika dalam pencarian tersebut engga di ketemukan registry itu maka sobat bisa bikin sendiri yakni dengan cara sorot cursor pada Edit Bar pada Registry Editor lalu geser ke New dan setelah itu pilih DWORD (32-bit) Value (untuk tipe x86). Untuk lebih jelasnya lihat gambar!

Nah sekarang sobat tinggal tulis atau copas Display1_DownScalingSupported pada registry yang ingin sobat bikin. Hasilnya lihat gambar!

Belum sampai disitu sobat, ubah default Value data dari angka 0 ke 1 kemudian sobat restart Netbook sobat. Setelah di masuk kembali sobat bisa kembali melihatnya di Screen Resolution apakah dari 1024 x 600 muncul resolusi 1024 x 768.
Kalau cara registry diatas engga berhasil, cara alternatif lainnya yang mesti sobat coba adalah update Driver VGA sobat dengan cara mendownloadnya di Internet. Tapi baiknya download di situs resminya yang sesuai dengan tipe & spesifikasi Netbook sobat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar